Prof. Dr. Diana Kartika dilantik sebagai Rektor Universitas Bung Hatta dan Rektor Perempuan pertama di Universitas Bung Hatta. Rektor ke-11 Universitas Bung Hatta periode 2024-2028 itu dilantik oleh Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Dr. Boy Yendra Tamin, S.H., M.H, berdasarkan Surat Keputusan Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Nomor : 04/SK/YPBH/II-2024, tentang pengangkatan Rektor Universitas Bung Hatta periode 2024-208, menggantikan Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E, MBA, Kamis, 22/2/2024 di Bung Hatta Convention Hall, Kampus 1 Universitas Bung Hatta Ulak Karang.

Dalam sambutannya, Dr. Boy Yendra Tamin, S.H., M.H,menyampaikan bahwa, Rektor yang dilantik hari ini tentu melanjutkan dan meningkatkan kebijakan program dan berkesinambungan dengan program Rektor periode sebelumnya, kedepan banyak tantangan yang akan dihadapi dalam pengembangan Universitas Bung Hatta.

Ia juga menyampaikan pesan Ketua Badan Pembina Yayasan Prof.Ganefri tentang perlunya program khusus pembaruan dalam bidang administrasi maupun akademik berbasis teknologi, dan pihak yayasan telah menyusun kebijakan untuk pengembangan hal itu, termasuk untuk pengembangan SDM maupun bidang kemahasiswaan.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma, SH, M.Pd, dalam sambutannya menyebutkan, bahwa dengan dilantiknya Rektor Universitas Bung Hatta periode 2024-2028 tentu akan memberikan suasana dan gebrakan yang baru bagi Universitas Bung Hatta. Menurutya kebutuhan masyarakat terus berubah seiring dengan perkembangan dunia, untuk itu katanya Universitas Bung Hatta perlu menjawab semua kebutuhan tersebut.

Dalam kesempatan itu juga, ia menyampaikan bahwa pada hakikatnya seorang rektor tidak hanya sekedar mengelola asset, mengelola SDM dan sivitas akademika, tetapi harus bisa membangun karakter sivitas akademika yang peduli terhadap masa depan bangsa, kelak mahasiswa harus menjadi pemimipin pembangunan yang peduli bangsa dan negara, untuk itu UBH harus melakukan berbagai inovasi dan menjadikan Universitas Bung Hatta senantiasa jadi lebih baik dan makin dipercaya masyarakat.

Ketua Badan Pembina Yayasan Prof.Ganefri, dalam sambutannya mengatakan, bahwa penguatan kelembagaan perguruan tinggi mutlak dan harus ditunjukkan dengan tata kelola dan memanfaatkan kekuatan sumberdaya yang ada, kunci keberhasilan sebuah perguruan tinggi terletak pada SDMnya.

Ia berharap,agar semua kekuatan yang ada itu agar bersama-sama membangun dan mengembangkan Universitas Bung Hatta kedepannya agar jauh lebih baik lagi. Harapannya ke Rektor yang baru agar focus memanfaatkan teknologi digital manajemen, leadership, digital learning untuk tata kelola universitas kedepannya.

Prof. Diana Kartika dalam hantaran kata pertamanya menyampaikan,bahwa langkah pertama yang akan dilakukan adalah memperkuat semua kekuatan yang ada dengan merangkul semua sivitas akademika untuk semangat memiliki dan membangkitkan kepercayaan mahasiswa dan masyarakat terhadap sivitas akademika. Selanjutnya ia akan melakukan rebranding dan menguatkan nama besar Bung Hatta dengan hilirisasi riset.

Menurutnya selama ini hilirsasi riset lepas begitu saja, ia menginginkan bagaimana riset mengembangkan universitas, bagaimana timbul ide-ide kreativitas, timbul produk , timbul jasa dari riset itu sendiri.

Disebutkan juga bagaimana berinovasi dan berkolaborasi dengan semua stakeholder, Ia mengakui tantangan kedepan semakin berat, dan berharap semua potensi yang ada bergerak untuk melihat kekurangan, dan bangkit dengan semangat kebersamaan untuk perubahan.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh seluruh sivitas akademika Universitas Bung Hatta, jajaran pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta periode sebelumnya maupun yang sekarang, Rektor-rektor Universitas Bung Hatta periode sebelumnya, pimpinan perguruan tinggi di Sumatera Barat, perwakilan pemerintah dari berbagai instansi, alumni,mitra kerja dan undangan lainnya. (*Indrawadi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *