Bertempat di Wisma Indarung PT Semen Padang, 22/2/204, PT.Semen Padang menanda tangani Perjanjian Kerja Sama dengan LPPM Universitas Bung Hatta dan dengan sejumlah stakeholders lainnya terkait program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Perjanjian Kerja Sama yang ditanda tangani Direktur Semen Padang dengan LPPM Universitas Bung Hatta terkait dengan program konservasi ikan garing, turut disaksikan oleh Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri, Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Hendra Suherman dan ahli perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Hafrijal Syandri,MS.

Direktur LPPM Universitas Bung Hatta Dr. Azrita, S.Pi., M.Si menyebutkan, bahwa PKS yang ditandatangani kedua belah pihak adalah lanjutan penguatan LPPM Universitas Bung Hatta dengan PT. Semen Padang dan upaya konkret dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

Disebutkan, kerjasama fokus pada sektor perikanan, khususnya upaya penyelamatan ikan bilih endemik yang telah berlangsung sejak tahun 2018. Kerjasama itu mencatatkan dengan meraih 5 (lima) penghargaan tingkat nasional, antara lain Indonesia Sustainable Development Goals Award Kategori Gold dari Kementerian PPN/Bappenas (2022), Padmamitra Award Kategori Pelestarian Lingkungan dan Biodiversity dari Forum CSR Indonesia (2022), ENSIA (Environmental and Social Innovation Award Kategori Gold dari PT. Sucofindo (2023), Soebroto Award dari Kementerian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (2023) dan Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (2023).

Ditambahkan Azrita, kerjasama dengan PT.Semen Padang terkait penyelamatan ikan bilih endemik, dikomandoi dan dikawal langsung oleh pakar perikanan Prof. Dr. Hafrijal Syandri, MS, sambil berjalan pada tahun 2024 ini dilanjutkan dengan program konservasi ikan Garing (Tor), spesies lain yang tidak kalah penting, di kawasan Ring I milik PT. Semen Padang.

Universitas Bung Hatta memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam mengatasi isu-isu lingkungan yang menjadi tantangan nasional, proaktif dan terlibat dalam upaya-upaya penting terhadap lingkungan dan ekologi di Indonesia dalam pembangunan berkelanjutan.*(indrawadi)