Link

Online

Pengunjung: 11, Anggota: 0...
paling banyak online: 61
(anggota: 0, pengunjung: 61) pada 06 Jun : 16:23
RSS Feed
Berita dapat disindikasikan menggunakan rss feed berikut.
rss1.0
rss2.0
rdf
atom

5 Mahasiswa Universiti Malaysia Terengganu Ikuti Progam Magang di Universitas Bung Hatta

Bunghatta.ac.id. Sebanyak 5 mahasiswa Pusat Kajian Sains Perikanan dan Akuakultur Universiti Malaysia Terengganu melaksanakan program student exchange di Universitas Bung Hatta serta praktik lapangan di beberapa dinas terkait di Sumatra Barat.

Kel (Ubay/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univ. Bung Hatta)

LIPI dan FPIK-UBH akan Perbaharui Data Kondisi Terumbu Karang Mentawai

Dekan FPIK Universitas Bung Hatta Ir. Mas Eriza,MP menyebukan bahwa, Puslitbang Oseanolgi LIPI dan FPIK Universitas akan segera memperbaharui data kondisi terumbu karang Mentawai (/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univ. Bung Hatta)

Foto Bareng Menteri Kelautan dan Perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berfoto bersama dengan Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta di Jambak Sea Turtle Camp,Pasir Jambak. (/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univ. Bung Hatta)

Kunjungan Menteri Susi Di Ranah Minang

Memperingati Hari Pers Nasional Menteri Kelautan Dan Perikanan Susi Pudji Astuti Berkunjung Ke Ranah Minang

[i]Foto : Harian Rakyat Sumbar[/i] (/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univ. Bung Hatta)

Universitas Bung Hatta Miliki 16 Unit Mobil Operasional Kampus

Badan Penguru Yayasan Pendidikan Bung Hatta melalui Rektor menyerahkan 16 unit mobil untuk kegiatan operasional kampus. (/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univ. Bung Hatta)

Yayasan Pendidikan Bung Hatta Serahkan 16 Unit Mobil Operasional

Jumat 05 Januari 2018 - 01:24:52

gambar: mobil FPIK UBH - Yayasan Pendidikan Bung Hatta melalui Rektor Universitas Bung Hatta menyerahkan 16 unit mobil untuk kegiatan operasional kampus di pelataran parkir Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (04/01/2018).

Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.Sc. menyebutkan dengan adanya mobil operasional tersebut dapat membantu pelaksanaan kegiatan akademik dan non akademik sehingga dapat membangun citra Universitas Bung Hatta yang terus lebih baik.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda, MA menyampaikan dengan adanya mobil operasional ini untuk menunjang pimpinan struktural dalam melaksanakan program kerjaanya baik untuk Wakil Rektor, Dekan dan Direktur Pascasarjana.

Rektor berpesan agar kendaraan dijaga dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya. “Mari kita bersama-sama untuk memajukan Universitas Bung Hatta dan terus memberikan pelayanan yang prima bagi seluruh stekhorder,” tambahnya. (*Ubay-Humas UBH)
model cetak buat pdf untuk berita ini

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UBH akan Buka Prodi Ocean Enggeneering dan Teknologi Pengolahan

Selasa 19 Desember 2017 - 10:24:33

gambar: dekan FPIK UBH - Bekerja sama dengan University Malaysia Terengganu Malaysia, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta akan membuka program studi Ocean Enggeneering dan Teknologi Pengolahan. UMT sendiri adalah salah satu Universitas yang mejadi leader dalam bidang Ilmu Maritim di Malaysia.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda,MA di dampingi Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UBH Ir. Mas Eriza dan Kepala Bidang Kerjasama dan Promosi Temmy Thamrin,SS.M.Hum saat jumpa pers usai kunjungan Rektor ke University Malaysia Terengganu Malaysia, di ruangan Rektor, Selasa,19/12/17.

Disebutkan bahwa, selain mengunjungi mahasiswa FPIK UBH yang melaksanakan program Intership Program di School of Fisheries and Aquaculture Sciences di UMT, sekaligus meningkatkan kerjasama yang sudah ada antara Fakultas Perikanan UBH dengan School of Fisheries and Aquaculture Sciences UMT.

“Kerjasama yang sudah ada antara Fakultas Perikanan dengan School of Fisheries and Aquaculture Sciences Universiti Malaysia Terengganu akan di tingkatkan menjadi MoU dengan Universitas Bung Hatta” jelas Azwar.

Dijelaskan juga bahwa dalam kunjungan tersebut dibicarakan juga keinginan pihakt UMT agar mahasiswanya juga bisa magang ke UBH dan mengikuti program KKN-PPM Universitas Bung Hatta dan mempelajari keunikan-keunikan ikan dan sejenisnya di perairan Sumatera, kolaborasi mengajar 6-12 SKS antara dosen FPIK UBH dengan Dosen UMT. Joint research terutama untuk penelitian tentang “How to Save Maninjau” dan pihak UMT juga mengundang dosen FPIK sebagai salah satu External Examiner untuk ujian Doktoral di UMT.

Sementara itu, Dekan FPIK Ir.Mas Eriza menambahkan, juga di jajaki adannya pendampingan Program of Marine Technologi, School of Ocean Engineering UMT untuk pembukaan program studi Ocean Engineering di Universitas Bung Hatta.

“Keberadaan Universitas Bung Hatta di pinggir pantai Indian Ocean menjadi salah satu kelebihan dan daya tarik tersendiri bagi UMT” jelas Mas Eriza.

Selain membahas berbagai bentuk kerjasama antara kedua belah pihak, rombongan Universitas Bung Hatta juga berkesempatan meninjau berbagai fasilitas laboratorium dan dan kapal latih “Blue Archipilago” milik UMT.

Direncanakan juga ahli fish breeding Technology UMT Prof.Dato’ Anuar Bin Hasan akan memberikan orasi ilmiahnya tentang “Breeding technology for sustainable Aquaculture and Food Security: The Malaysian Perspective” di Universitas Bung Hatta saat acara Dies Natalis UBH bulan April 2018.
model cetak buat pdf untuk berita ini

Mahasiswa FPIK Universitas Bung Hatta Tanaman Mangrove di Pantai Kampus

Selasa 28 November 2017 - 08:40:30

gambar: bakau FPIK UBH - Mahasiswa Fakutas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta melaksanakan penanaman bibit tanaman Mangrove di Pantai Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (28/11/2017).

Dekan Fakutas Perikanan dan Ilmu Kelautan Ir. Mas Eriza, MS menyampaikan keberadaan hutan Mangrove di sepanjang pesisir pantai memberikan manfaat yang besar bagi manusia dan mahkluk hidup lainnya.

“Fakutas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta memiliki laboroatorium alam ekosistem tanaman Mangrove yang berada di tepi pantai kampus. Lokasinya sangat mendukung untuk kegiatan praktik mahasiswa dan belajar langsung di alam yang terkait dengan mata kuliah ini. Tentunya dengan keberadaan laboraotrium alam ini dapat meningkatkan kompetensi lulusan,” sebutnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Eni Kamal, M.Sc dosen Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Program Pascasarjana ini menyampaikan kegiatan penanaman Mangrove ini perlu terus diadakan mengingat luas hutan Mangrove yang ada di Sumatra Barat terus mengalami pengurangan akibat alih fungsi lahan dan aktivitas lainnya. Tentunya hal ini akan mengancam keberadaan hutan Mangrove yang nantinya dapat berdampak bagi ekeosistem pesisir dan laut.

“Di Laboratorium Alam Ekosistem Mangrove ini memiliki 5 jenis tanaman Mangrove yang tumbuh subur hingga saat ini. Untuk melakukan penananam Mangrove ini tidak sembarangan harus disesuaikan dengan kondisi lahannya. Untuk tanaman mangrove disini dengan karakteritisit lahan yang berlumpur dan berpasir,” sebut dosen yang memiliki keahlian di bidang ekologi dan konservasi kawasan pesisir dan laut ini.

Ia berharap pemerintah terkait dapat giat melakukan penanaman Mangrove ini, karena di beberapa daerah di Sumatra Barat sendiri, hutan Mangrove-nya perlu reboisasi dan rehabilitiasi. Daerah yang memiki hutan Mangrove yang masih padat di Kepulauan Mentawai dan Kabupaten Pasaman Barat.

“Dengan adanya hutan Mangrove ini, kita dapat memetik banyak manfaat seperti untuk menjaga lingkungan dari abrasi pantai, menjadi tempat tinggal ikan hingga menjadi objek wisata yang sangat potensial sehngga dapat meningkatkan prekonomian masyarakat sektiar,” imbuhnya saat liputan bersama TVRI Sumbar. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak buat pdf untuk berita ini

Ridwan, Mahasiswa BDP Juara 1 Dayung di Kejuaraan Rafting Intenasional Triboaton

Senin 20 November 2017 - 10:51:06

gambar: 3 FPIK UBH - Ridwan mahasiswa Jurusan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta angkatan 2016 berhasil meraih Juara Umum dan juara pertama Rafting Intenasional Triboaton untuk cabang Kejuaraan Dayung di Empat Lawang Provinsi Sumatra Selatan dan di Kabupaten Musi Rawas Internasional Triboaton.
model cetak buat pdf untuk berita ini
Halaman   <<        >>  
Fasilitas Pencarian
Agenda Juli 2018
Belum ada agenda bulan ini.

SSRKJSM






1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031




Download Terbaru
»International Journal of MediPharm (473.67 kb)
Kategori: Yusra
»Publikasi Terkini (4 kb)
Kategori: Dahnil Johar
»Proseding Bioeti 2 Yempita Yusra (395.1 kb)
Kategori: Yusra
»Proseding Bioeti Yusra_Yempita (558.47 kb)
Kategori: Yusra
»Prosiding Semnas Undip (679.62 kb)
Kategori: Yusra
Translate This Page
Copyright (c) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta
Dibangun oleh Tim Swakelola PTSS 2009 Univ. Bung Hatta bersama CV. Djamboe WebDesign