Puluhan nelayan dari kelurahan Ulak Karang Utara, Ulak Karang Selatan dan Kelurahan Flamboyan ikuti bimbingan teknis gerakan nasional bulan cinta laut yang digelar oleh Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta di Aula Balairung Caraka, Kampus I Universitas Bung Hatta, Selasa,28/5/2024.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta Prof.Dr. Yusra,M.Si dalam sambutannya menyampaikan, bahwa bimtek yang digelar di Universitas Bung Hatta adalah salah bentuk dan implementasi kerjasama yang sudah terjalin dengan BPSPL Padang dan Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang.

Disebutkan juga, bahwa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta selalu berperan aktif dan berpartisipasi dalam gerakan cinta laut yang dilaksanakan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan dan program pengabdian pada masyarakat. Menurutnya kegiatan tersebut adalah bagian dari strategi mencapai ekonomi biru dan menjaga kelestarian ekologi dan kesehatan sumberdaya kelautan.

Ia berharap, dengan digelarnya bimtek gerakan nasional bulan cinta laut di Universitas Bung Hatta, semakin memperkaya dan membuka wawasan bahwa menjaga ekologi dan kesehatan laut adalah tanggung jawab bersama.

Sementara, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Alfiadi,S.Sos.MM dalam hantaran katanya menyampaikan, bahwa dampak sampah laut ini adalah salah satu masalah besar yang dihadapi saat ini, sampah di area penangkapan ikan mengakibatkan habitat ikan tidak sehat, ikan tidak tumbuh subur serta akibatnya tangkapan ikan menurun. Ia berharap dengan gerakan bulan cinta laut, dan dukungan semua pihak, masalah-masalah tersebut dapat teratasi.

Fajar Kurniawan,ST.M.Ap Kepala BPSPL Padang dalam sambutannya sebelum membuka bimtek menyampaikan, pemerintah kembali menghelat kampanye Bulan Cinta Laut di sejumlah daerah di Indonesia salah satunya adalah di Kota Padang dengan target semakin banyak nelayan dan bebagai pihak ikut terlibat dan berpartispasi.

Disebutkan, bimtek merupakan rangkaian dari kegiatan gerakan nasional Bulan Cinta Laut dan memberikan edukasi kepada masyarakat nelayan terkait pengelolaan dan pemahaman sumber timbulnya sampah.

Untuk itu pihaknya menghadirkan narasumber Yenni Lusia yang telah sukses mengelola sampah dengan nama Bank Sampah Hijau, hadir juga Doce Delson dari Manabuang Sarok PT.Semen Padang. Ia berharap para peserta tetap semangat karena kontribusinya sangat besar, karena laut yang bersih dan ikannya sehat. Sampah juga berdampak buruk terhadap ekosistem laut, kesehatan masyarakat dan lingkungan. (*indrawadi)