Berdasarkan surat Kemendikbudristek, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi nomor 0667/E5/AL.04/2024 30 Mei 2024, perihal Pengumuman Penerima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, tanggal 30 Mei 2024.Berdasarkan lampiran I Nomor : 0667/E5/AL.04/2024, terdapat 12 orang dosen Universitas Bung Hatta memperoleh pendanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun anggaran 2024, yakni:

  1. Azrita, dosen FPIK dengan judul : Optimisasi Pengelolaan Reproduksi Tor douronensis Blk Melalui Suplementasi Pakan dengan Minyak Ikan Lokal Dalam Mendukung Ekonomi Biru.
  2. Diana Kartika, dosen FIB dengan judul : Pengembangan Aplikasi Likari (Lima Kata Dalam Satu Hari) Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa kata dalam Pembelajaran Bahasa Jepang.
  3. Elfiondri, dosen FIB dengan judul : Eksplorasi Warisan Budaya Kawasan Nominasi Warisan Dunia Sawahlunto untuk Pengembangan Pariwisata Sumatra Barat Menggunakan Aplikasi Wisata Berbasis Mobile App.
  4. Elfitra Azliyanti, dosen FEB dengan judul : Model Pengembangan Inovasi Sumber Daya Manusia Sektor Pariwisata Berbasis e-HRM Digital untuk Peningkatan Kunjungan Wisatawan Ke Sumatera Barat.
  5. Hafrijal Syandri, dosen FPIK dengan judul : Pemanfaatan Limbah Sisik Ikan Sebagai Pakan Ikan Alternatif Untuk Mengurangi Impor Pakan dan Meningkatkan Ketahanan Pangan Berbasis Ekonomi Hijau.
  6. Hendra Suherman, dosen FTI dengan judul : Investigasi bentuk dan komposisi serat kenaf terhadap kekuatan lentur, kekuatan impak dan kekerasan bio-komposit serat kenaf/epoksi dengan orientasi acak
  7. Karmila Suryani, dosen FKIP dengan judul : Rekamodel Sirkular Ekonomi melalui Pengolahan dan Pengelolaan Sampah berbasis Digital di Perguruan Tinggi.
  8. Neva Novianti, dosen FEB dengan judul : Strategi Peningkatan Penerapan Fintech Pada UMKM Kuliner Pendukung Pariwisata Di Sumatera Barat.
  9. Reni Desmiarti, dosen FTI dengan judul : Teknologi Daur Ulang Limbah Cair Kelapa Sawit untuk Air Bersih dan Energi Terbarukan.
  10. Suparno, dosen FPIK dengan judul: Pengembangan Wilayah Pesisir dan Laut melalui Eksplorasi Sumber Benih Lobster di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat
  11. Uning Pratimaratri, dosen Fakultas Hukum dengan judul: Pemenuhan Hak Pasien Bpjs Mendapatkan Obat Sesuai Formularium Nasional Pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Padang.
  12. Zaitul, dosen FEB dengan judul : Usaha Peningkatan Daya Saing Bumdes Melalui Implementasi Sistem Pengendalian Manajemen Dan Governansi Untuk Mencapai Ketahanan Ekonomi Desa Berkelanjutan.

Sedangkan pada lampiran II Nomor : 0667/E5/AL.04/2024 tentang Daftar Penerima Pendanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2024, 4 PKM Universitas Bung Hatta yang memperoleh pendanaan, yakni :

  1. Diana Kartika, dosen FIB, judul PKM : Pemberdayaan SDM Pengelola Objek Wisata Gunuang Padang Berbasis Sport Edutourims Untuk Penguatan Hospitality Kesantunan Tindak Tutur Menuju Sustainable Tourism dan SDG’s.
  2. Maria Ulfah, dosen FTI, judul PKM : Pemberdayaan Kelompok Tani Kanagarian Koto Tinggi untuk Pengembangan Usaha Terintegrasi (Maggot dan Ikan Lele) Berbasis Limbah Ladang.
  3. Yempita Efendi, dosen FPIK, judul PKM : Optimalisasi Limbah Pengolahan Ikan Menjadi Produk Bernilai Tambah Berbasis Zero Waste Mendukung Kawasan Wisata Halal Di Nagari Sungai Batang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.
  4. Yusra, dosen FPIK : Judul PKM : PMM GREEN EKONOMI: Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Melalui Budidaya Maggot Sebagai Upaya Mengatasi Masalah Sampah Di Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam.

Dosen-dosen FPIK memang luar biasa ; Dari 16 total proposal Penelitian Dan Pengabdian, 5 proposal (31,25%) berasal dari dosen-dosen FPIK. Capaian ini merupakan sebuah motivasi bagi seluruh civitas akademika Universitas Bung Hatta untuk senantiasa berpartisipasi pada semua program yang ditawarkan Kemendikbudristek-RI guna meningkatkan kompetensi mahasiswa dan lulusan serta dosen menuju Universitas berkelas dunia. (*indrawadi)