Lidya Dwi Handayani, mahasiswa Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta, calon wisudawan ke 82 Universitas Bung Hatta yang akan dilaksanakan akhir Oktober 2024 nanti telah kantongi Sertifikat Sebagai Asessor  Pengawas Mutu Loin Tuna Pelatihan Kerja dan Kompetensi Badan Nasional Sertfikasi Profesi (BNSP)

Mahasiswa angkatan 2020, kelahiran Padang tahun 2001 itu dengan IPK 3.89 berhasil menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Perikanan Universitas Bung Hatta dibawah bimbingan Ir.Yempita Efendi,MS dengan judul skripsi Penerapan HACCP  pada Pengolahan Ikan Gindara (Lepidocybium flavobrunneum) Beku di PT Tridaya Eramina Bahari.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Prof. Dr. Ir. Yusra, M.Si dalam akun Facebooknya mengatakan, bahwa Salah satu bukti Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta menghasilkan lulusan yang SIAP KERJA DAN SIAP JADI PENGUSAHA.

Lidya Dwi Handayani yang akan diwisuda pada periode ke 82 bulan Oktober 2024 yang akan datang sudah menjadi seorang Asesor Kompetensi BNSP. Artinya dengan masa tunggu 0 tahun Lidya Dwi Handayani sudah mendapatkan pekerjaan.

Ia juga peraih beasiswa dari Bank Indonesia, penerima hibah Enterpreneur dari Bank Permata dan IZI, finalis di ajang Enterpreneurship Award VI dan VII dari LLDIKTI X serta peraih penghargaan mahasiswa berprestasi.

Asesor memiliki fungsi untuk melaksanakan proses uji kompetensi terhadap peserta uji (orang yang dinilai) berdasarkan tugas yang diberikan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) atau BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Asesor memiliki tugas penting yang memastikan seluruh pemilik profesi yang profesional di Indonesia adalah mereka yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan kompetensi yang sesuai dengan standar yang berlaku. (*indrawadi)