Puluhan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta ikuti praktikum  kegiatan Mobile Laboratorium, salah satu layanan dari Unit Laboratorium LLDikti Wilayah X di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta, kampus 1 Ulak Karang,Kamis,13/6/2024.

Kepala Laboratorium LLDIKTI Wilayah X, Dr. Sunadi, MP di Padang, menjelaskan kegiatan Mobile Laboratorium dilaksanakan di 5 perguruan tinggi swasta yang ada di kota Padang adalah  dalam upaya melaksanakan fasilitasi dan bimbingan teknis peningkatan mutu pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta melaksanakan fasilitasi dan bimbingan teknis peningkatan kemampuan akademik untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan memahami penggunaan alat serta menganalisanya.

Dr. Suparno,M.Si dosen pengampu mata kuliah ekologi perairan dalam kegiatan itu menyebutkan, bahwa kegiatan Mobile Laboratorium, Unit Laboratorium LLDikti Wilayah X sangat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum sehingga dapat meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan mahasiswa serta terampil dalam pengunaan alat-alatnya serta menganalisanya.

“Selain penggunaan alat-alat laboratorium, mahasiswa juga didampingi langsung oleh tim dari Unit Laboratorium LLDikti Wilayah X”, sehingga kedepannya diharapkan mahasiswa tidak ragu-ragu lagi dalam penggunaan alat serta apabila melakukan pratikum laboratorium yang ada di LLDIKTI Wilayah X dapat mengikuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu salah satu dari tim Laboratorium LLDikti Wilayah X, Zul Ikhram meyebutkan, bahwa objek praktikum yang diberikan kepada mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta antara lain yakni bidang kimia, fisika, biologi, pengamatan mikroskop, pengamatan kualitas air laut dengan menggunakan metoda Spektrofotometer serta pemerikasaan kualitas air.(*indrawadi)