Link

Online

Pengunjung: 7, Anggota: 0...
paling banyak online: 61
(anggota: 0, pengunjung: 61) pada 06 Jun : 16:23
RSS Feed
Berita dapat disindikasikan menggunakan rss feed berikut.
rss1.0
rss2.0
rdf
atom

Kemenristek Dikti Umum 100 PT Terbaik Indonesia Tahun 2017

Kemenristek Dikti Umum 100 PT Terbaik Indonesia Tahun 2017 (/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univ. Bung Hatta)

Tanda Tangan MOU

MOU antara FPIK Universitas Bung Hatta dengan PPS Bungus dan DKP Kota PAdang (YE/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univ. Bung Hatta)

Dekan FPIK Tanda Tangan MOU

Dekan FPIK sedang menandatangani MOU (YE/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univ. Bung Hatta)

Master Asesor memberikan Arahan pada peserta RCC Asesor Kompetensi

. (/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univ. Bung Hatta)

Dekan FPIK

. (/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univ. Bung Hatta)

FPIK Universitas Bung Hatta Gelar Lomba Keterampilan Siswa Perikanan dan Kelautan

Kamis 27 April 2017 - 06:50:55

gambar: lks_smk
FPIK UBH - Fakutlas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi sumatera Barat menyelenggarakan Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Bidang Perikanan dan Kelautan di Laboratorium Terpadu FPIK Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 22 April 2017.

Ir. Mas Eriza, M.Si Dekan FPIK Universitas Bung Hatta mengatakan kegiatan ini diikuti oleh pelajar SMK Perikanan dan Kelautan se- Sumatra Barat. Setidaknya terdapat 5 sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Peserta akan mengikuti ujian tertulis dan praktik di Bisnis Budidaya Perikanan dan Nautika Penangkap Ikan Pemenangnya akan diikutsertakan dalam perlombaan di tingkat nasional.

"Dengan adanya perlombaan ini dapat menjadi ajang latihan dan menguji kemampuan para pelajar mengenai bidang kelimuan yang digelutinya. Sekaligus sebagai saran untuk memperkenalkan Universitas Bung Hatta bagi pelajar. Potensi perikanan dan kelautan di Sumatera Barat sangatlah besar sehingga membutuhkan tenaga-tenaga yang kompeten di bidang ini," sebutnya.

Ia juga menambahkan Universitas Bung Hatta melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta telah ditunjuk sebagai Tempat Uji Kompetensi Kelautan dan Perikanan untuk wilayah Sumatra. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi serta Pusat Penyuluhan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

“Uji kompetensi ini terbuka untuk siapa saja yang menggeluti bidang perikanan dan kelautan dimulai dari mahasiswa, praktisi, pegawai pemerintahan dan lainnya. Dengan adanya sertifikat dari uji kompetensi ini dapat menjadi nilai tambah untuk dapat bersaing secara global terutama dalam menghadapi tenaga asing di era Masyarakat Ekonomi Asean ini,” sebutnya. (**Ubay-Humas UBH)
model cetak buat pdf untuk berita ini

Diving Proklamator Universitas Bung Hatta: Transplantasi Lamun sebagai Bagian Atraksi Wisata Bahari

Kamis 27 April 2017 - 06:49:56

gambar: lamun
FPIK UBH - Wisata bahari merupakan salah satu etalase yang ditawarkan kawasan wisata bahari terpadu Mandeh, Pesisir Selatan. Keberadaan terumbu karang dengan aneka warna, maupun keberadaan hutan mangrove dan padang lamun tentu menjadi hal yang wajib dijaga dan dilestarikan.

Degradasi ekosistem pesisir (hutan mangrove, terumbu karang dan padang lamun) yang telah terjadi menuntut usaha restorasinya. Usaha restorasi ekosistem pesisir melalui kegiatan penanaman bakau dan transplantasi karang telah sering dilaksanakan dan bahkan sudah menjadi bagian dari atraksi kegiatan wisata bahari, namun untuk transplantasi lamun belum atau bahkan jarang terdengar dilakukan.

Salah satu kegiatan yang digelar Diving Proklamator Universitas Bung Hatta saat latihan perairan terbuka di kawasan Mandeh, Sabtu-Minggu (8-9/4) kemarin adalah dengan melakukan transplantasi lamun. Karena tanpa keberadaan lamun, kawasan wisata bahari terpadu tersebut belum lah lengkap.

Ketua Diving Proklamator Universitas Bung Hatta, Nius mengungkapkan bahwa kegiatan transplantasi lamun tersebut merupakan salah satu bentuk aksi nyata dari unit selam Universitas Bung Hatta dengan memanfaatkan waktu disaat latihan perairan terbuka.

“Kegiatan ini juga salah satu bentuk aksi wisata bahari di kawasan Mandeh,” ujarnya.
Dijelaskannya, habitat lamun memiliki peran penting dalam ekosistem yakni sebagai media filtrasi (menjernihkan perairan dangkal), rumah biota laut, nursery ground, feeding ground, dan sediment trap (mengurangi besar gelombang).

Pembina Diving Proklamator Dr.Suparno,MSi sebelum keberangkatan tim tersebut menjelaskan, bahwa tehnik transplantasi lamun yang dilakukan adalah tunas tunggal Enhalus acoroides dan waktu transplantasi lamun dilakukan ketika air surut atau kedalaman air sekitar 40 – 60 cm, cuaca cerah, laut tenang, dan tidak hujan atau badai.

Metode yang digunakan sama seperti yang pernah dilakukan didaerah konservasi lain seperti di Kepulauan Seribu dan Gili Trawangan. Tunas-tunas muda lamun, diikatkan pada frame besi. Dalam metode tersebut tunas muda diikatkan pada frame besi dengan material yang mudah hancur (organik). Setelah tiga bulan harapannya lamun terlepas dari frame besi dan menyebar di wilayah perairan.

“Pemilihan jenis lamun ini berdasarkan jenis alami yang tumbuh dominan dan merupakan jenis pioner di kawasan transplantasi dan penting dilakukan untuk pengkayaan kondisi padang lamun menjadi lebih baik,” jelas Suparno.

Angga, salah satu pelaku wisata bahari di kawasan mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pelaku wisata yang ada. Pasalnya, jika keadaan terumbu karang atau lamun rusak, tentu keindahan wisata bahari yang selama ini dijual akan lenyap.

“Kegiatan ini tentu sangat positif. Semua pelaku wisata bahari harus peduli dengan terumbu karang dan ekosistim terkait. Dengan kegiatan ini, wisatawan juga tahu pelaku wisata bahari peduli dengan terumbu karang dan lamun,” jelasnya.

“Nanti setelah tiga bulan bersama tim Diving Proklamator kita lihat pertumbuhannya. Tidak menutup kemungkinan di lokasi-lokasi lain juga akan dilakukan transplantasi lamun,” imbuhnya lagi. (**Indrawadi-Humas UBH)
model cetak buat pdf untuk berita ini

Ir. Agusriatman,MSi Nahkodai Kapal JALA FPIK Universitas Bung Hatta

Kamis 27 April 2017 - 06:45:41

gambar: alumni
FPIK UBH - Dihadiri Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta Drs. Zuiyen Rais,MS, Jajaran Pimpinan Universitas Bung Hatta. Ir. Agusriatman, M. Si dan perangkat pengurusnya di lantik oleh Ketua DPP Alumni Universitas Bung Hatta Ike Agung untuk menahkodai Kapal JALA (Jaringan Alumni) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta, Sabtu,15/4/17 di Aula Balairung Caraka Kampus I Universitas Bung Hatta Ulak Karang, bersamaan dengan digelarnya reuni lintas angkatan Fakultas Perikanan.

Zuiyen Rais dalam sambutannya mengatakan, di era otonomi, desentralisasi, dan globalisasi, peran alumni sangat penting dan kehadirannya sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan perkembangan institusi atau almamaternya sekarang dan di masa depan.

“Menjadi alumni dari suatu institusi adalah bagian dari kehidupan kita, kemanapun dan dimanapun kita pergi dan berada pada hari ini, status alumni kita tidak bisa kita hilangkan, ia tercatat dengan tinta emas dan melekat ke dalam diri kita masing-masing”, jelas Zuiyen.

Sementara Ketua DPP Alumni Universitas Bung Hatta Ike Agung menyebutkan pentingnya keberadaan alumni sebagai kelompok penting dari sebuah institusi pendidikan tinggi jika ia ingin tetap eksist dan berkembang.

“Alumni berperan memfasilitasi rekrutmen mahasiswa, mempromosikan kampus dan mahasiswa ke luar, memberikan pengalaman belajar para alumninya, baik formal dan informal yang disediakan oleh dan untuk alumni untuk memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman profesional”, imbuh Ike.

Oleh karena itu sangat beralasan, jika Ir. Agusriatman,MSi yang baru saja dilantik sebagai Ketua JALA Alumni FPIK Universitas Bung Hatta mengatakan, kedepan bersama dengan DPP Alumni UBH, wajib mengharumkan nama institusi atau almaternya, serta memberikan kontribusi bagi percepatan kemajuan Universitas Bung Hatta sebagaimana dilakukan oleh ikatan alumni perguruan tinggi lainnya.

“Kedepan melalui DPP Alumni Universitas Bung Hatta, kita juga akan memberikan kontribusi dalam bentuk pemberian dana beasiswa bagi mahasiswa/i berprestasi dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi, maupun bentuk-bentuk lainnya”, jelas Kadis Pertanian dan Pangan Kota Pariaman itu.

Dihadiri sekitar 300-an alumni yang berkesempatan hadir, panitia juga menggelar talkshow singkat dengan pemateri dari alumni FPIK Universitas Bung Hatta. Mereka adalah Ir Des Roza Boer MMP (bekerja di Balai Penelitian Budidaya Laut Gondol Bali) dengan materi Tantangan Dunia Perikanan, Prof Nurul Huda (bekerja di Universiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia) dengan materi Menghadapi Dunia Perikanan Secara Global dan Dr Ir Indra Junaidi MS dengan materi Membangun Dunia Perikanan Antar Alumni Dan Mahasiswa. Talkshow singkat tersebut dimoderatori oleh Dr. Usman Bulanin,M.Si. (**Indrawadi/Humas UBH).
model cetak buat pdf untuk berita ini

BEMM FPIK Universitas Bung Hatta Gelar Aktualisasi Tri Dharma Mahasiswa

Kamis 27 April 2017 - 06:44:52

gambar: atm
FPIK UBH - Dengan mengusung tema Mengembangkan Jiwa Mahasiswa Yang Berbakti Sosial Dalam Masyarakat, Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu KelautanUniversitas Bung Hatta melaksanakan kegiatan berupa Aktualisasi Tri Dharma Mahasiswa (ATM). Bertempat di Korong Kuliek Palo Banda Nagari Sungai Buluah Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (01/04/2017).

Afdal Dinilhaq, Ketua BEMM-FPIK menyampaikan kegiatan ini adalah rutinitas tahunan yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan ini memiliki banyak nilai positif, tidak hanya menjalin kekompakan dan keakraban antara senior dengan junior tetapi juga menjalin kedekatan antara mahasiswa dengan masyarakat setempat dalam bersosialisi seperti melakukan penanaman bibit pohon produktif.

"Semoga kegiatan seperti ini tetap berlanjut setiap tahunnya. Karena disitulah mahasiswa dan masyarakat saling bekerja sama. Tetap semangat untuk panitia dan peserta." harapnya.

Ketua pelaksana, Firza Muhardi menuturkan kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai dari tanggal 31 Maret 2017 sampai tanggal 2 April 2017. Yang mana tujuannya adalah berbakti kepada masyarakat dengan cara mengarahkan peserta untuk melakukan penanaman 1500 bibit pohon produktif.

Firza menambahkan, Tidak hanya itu masyarakat juga ikut andil dalam melakukan penanaman bibit pohon produktif. Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 1500 bibit, seperti bibit sirsak, jeruk, durian, jambu biji, dan mangga. Penanaman bibit pohon produktif ini cukup membantu penghasilan masyarakat sekitar selain mendapatkan pendapatan dari pariwisata daerah setempat. Kegiatan ini sangat didukung oleh masyarakat setempat.

"Untuk selanjutnya, kegiatan positif seperti ini supaya lebih ditingkatkan lagi. Karena melalui kegiatan seperti inilah kita bisa berbaur dengan masyarakat lokal, bekerja sama dalam suatu tim serta masyarakat dengan baik. Hal ini sangat dibutuhkan ketika kita telah menyelesaikan proses pendidikan nantinya." lanjutnya.

Sri Puja Lestari, peserta ATM menyebutkan kegiatan ini sangat bagus sekali. Didalam kegiatan ini saya banyak mendapatkan pelajaran yang tidak pernah saya dapatkan dibangku perkuliahan. Semoga kegiatan seperti ini selalu diadakan setiap tahunnya dan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Lain halnya dengan Aldi, yang juga peserta ATM menuturkan kegiatan ini seru, karena kami juga bekerja sama dengan masyarakat untuk menanam 1500 bibit pohon produktif . Selain itu juga memiliki nilai-nilai yang tinggi dalam bersosialisasi kepada masyarakat. Kemudian kami bisa mengetahui bagaimana penghasilan masyarakat sekitar. (**Humas UBH/Ajo WP)
model cetak buat pdf untuk berita ini
Halaman   <<        >>  
Fasilitas Pencarian
Belum ada agenda bulan ini.

SSRKJSM




123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930
Translate This Page
Copyright (c) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta
Dibangun oleh Tim Swakelola PTSS 2009 Univ. Bung Hatta bersama CV. Djamboe WebDesign